PENJASKES

MENGENAL RENANG


  • Pengertian Renang


      Renang pada umumnya merupakan suatu pergerakan badan yang dilakukan didalam air. Seperti contohnya pada kebanyakan ikan yang berada di lautan, sungai, danau, dan lain sebagainya. Hewan ikan tersebut menggerakkan beberapa bagian yang penting agar dapat berenang secara bebas di dalam air.

  • Olahraga Renang
  Renang merupakan suatu cabang olahraga yang aquatik. Renang ini juga merupakan olahraga yang sering dilakukan dalam adu kecepatan seorang atlit dalam berenang. Perenang dinyatakan menang jikalau ia mencapai garis finis lebih dulu.
Olahraga renang tak hanya adu kecepatan saja, ada juga lomba seperti lompat indah, renang indah, renang perairan terbuka, dan polo air. Dan semua peraturan yang tertera mengikuti ketetapan dari badan lembaga/induk organisasi yang bernama Federasi Renang Internasional (FINA). Di indonesia, induk organisasi tersebut dinamakan Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI).

  • Manfaat Renang bagi Kesehatan

1. Renang Meredakan Stress

2. Renang Meningkatkan Kebugaran Tubuh

3. Alternatif Rekreasi dan Meningkatkan Mood


4. Renang Meningkatkan Kemampuan Fungsi Jantung dan Paru-paru


5. Renang Menambah Tinggi Badan


6. Renang Membakar Kalori Lebih Banyak


7. Self Safety


  • Macam-macam Gaya dalam Renang
Secara umum ada 4 macam gaya renang yang sering dilombakan, yaitu gaya bebas, gaya dada, gaya punggung, dan gaya kupu-kupu.
              

1.Renang gaya bebas

     Renang gaya bebas merupakam renang dengan dada yang menghadap ke permukaan air. Kedua tangan secara bergantian digerakkan jauh ke depan dengan gerakan mengayuh, sedangkan kaki bergantian dicambukkan ke atas dan ke bawah.Saat berenang gaya bebas, wajah menghadap ke permukaan air. Pernafaan dilakukan saat lengan tangan digerakkan keluar air dan badan menjadi miring, saat itulah kepala dipalingkan mengikuti miring badan. Dibandingkan dengan gaya renang lainnya, renag gaya bebas ini dapat membuat kita berenang dengan laju yang cepat.

2. Renang gaya dada

      Renang gaya katak atau biasa disebut renang gaya bebas merupakan gaya berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air dan tubuh dalam keadaan tetap. Kedua kaki ditendang keluar dan tangan diluruskan ke depan. Kedua tangan dibuka ke samping seperti membelah air supaya tubuh dapat melaju. Gerakan tubuh meniru gerakan katak yang sedang berenang, sehingga disebut gaya katak. Pernafasan dilakukan ketika mulut berada di permukaan air setelah 1-2 gerakan tangan dan kaki. Renang gaya dada merupakan gaya renang yang populer karena posisi tubuh stabil dan kepala dapat berada diluar air dengan lama.

3. Renang Gaya punggung

      Renang gaya punggung adalah renang dengan posisi punggung menghadap ke permukaan air. Gerakan tangan dan kaki sama dengan gaya bebes, tetapi ini dengan keadaan telentang. Kedua tangan secara bergantian diayunkan dari jauh didepan ke arah bawah lalu ke pinggang. Mulut dan hidung berada di luar permukaan air sehingga dapat dengan mudah mengambil/membuang nafas.

4. Renang gaya kupu-kupu

      Renang gaya kupu-kupu juga bisa disebut dengan renang gaya lumba-lumba, karena gerakan kaki renang gaya kupu-kupu sama seperti lumba-lumba. Renang gaya kupu-kupu ini dilakukan dengan posisi dada menghadap ke permukaan air, lengan diayunkan di dalam air dari depan ke belakang. sebelum tangan diayunkan fi atas permukaan air dari belakang ke depan, tangan dibuka ke samping. Pada saat tangan diayunkan ke belakang secara bersamaan, kedua kaki ditekan ke bawah. Gerakan tangan dan kaki ini digunakan agar badan maju ke depan atau keatas untuk mengambil nafas. Saat kepala masuk ke dalam air, tangan mengikuti masuk dan kaki menekan ke bawah. Gerakan kaki naik turun seperti ekor lumba-lumba. Udara di hembuskan saat berada dalam air dan menarik nafas saat di luar air.

Demikian materi tentang renang,semoga bermanfaat.







Posting Komentar

0 Komentar